icmzhe2subekti

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

Tugas Mata Kuliah Komputer June 28, 2012

Filed under: Tugas Mata Kuliah Komputer — icmzhe2subekti @ 9:32 pm

TELAAH JOURNAL DOMESTIK

 

Metode pencarian literatur:

  • Database yang digunakan                   : Portal Garuda
  • Kata kunci pencarian literatur         : Pubertas
  • Jumlah literatur yang didapatkan   : Sekitar 127 hasil (0,068 dtk)
  • Proses seleksi literatur                         :

CRITICAL JOURNAL

 

GAMBARAN PENGARUH INTERNET TERHADAP PERSEPSI REMAJA TENTANG PUBERTAS

DI SMU NEGERI 3 BOGOR

ABSTRAK

Konteks :

Memasuki era informasi, teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang cenderung akan mempengaruhi segenap kehidupan manusia. Hal ini tercipta berkat adanya dukungan teknologi canggih di bidang komunikasi seperti internet. Internet merupakan media yang sangat potensial yang tidak hanya untuk menyampaikan informasi tetapi juga mempengaruhi persepsi dan tingkah laku baik positif maupun negatif (Suryani, 2001). Persepsi adalah proses pemahaman ataupun pemberian makna atas suatu informasi terhadap suatu stimulus. Stimulus didapat dari proses penginderaan terhadap objek, peristiwa atau hubungan-hubungan antar gejala yang selanjutnya diproses oleh otak. Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis dan pematangan fungsi seksual. Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa anak-anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun. Masa remaja identik dengan masa pubertas karena pada masa ini telah terjadi kematangan organ reproduksi sehingga terjadi perubahan fisik dan emosi.

Tujuan :

Mengetahui gambaran pengaruh internet terhadap persepsi  remaja tentang pubertas.

Pengaturan dan Desain :

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode cross sectional dengan jumlah responden 286 orang dengan pertanyaan yang diajukan 26 pertanyaan.

Bahan dan Metode :

Metode sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah purposive sampling.

Analisis Statistik :

Menggunakan distribusi frekuensi untuk mengetahui gambaran pengaruh internet terhadap persepsi remaja tentang pubertas.

Hasil :

Hasil yang didapatkan adalah sebayak 6 orang responden (2,1 %) memiliki persepsi negative tentang pubertas dan sebanyak 280 orang responden (97,9%) memiliki persepsi positif. Nilai rata-rata (mean) dari data tersebut adalah 76,9021. Dan nilai mediannya adalah 77.

Untuk penelitian selanjutnya peneliti merekomendasikan penelitian dengan desain analitik atau komparatif, dimana membandingkan dari sumber informasi yang didapatkan oleh responden.

Kata Kunci      : Persepsi tentang pubertas

Daftar Pustaka : 41 (1992-2008)

Judul                           : Gambaran Pengetahuan Internet Terhadap Persepsi Remaja Tentang Pubertas Di SMU 3 Bogor

Penulis                         : Mei Helita Yahwan, 2008

Publikasi                      : Yulia Yekti Subekti P2724012 087

Tanggal Telaah            : 27 Juni 2012

A. Diskripsi Jurnal

1. Tujuan Utama Penelitian

Mengetahui gambaran pengaruh internet terhadap persepsi remaja tentang pubertas.

2. Hasil Penelitian

Sebanyak 6 orang responden (2,1 %) memiliki persepsi negative tentang pubertas dan sebanyak 280 responden (97,9 %) memiliki persepsi positif. Nilai rata-rata (mean) dari data tersebut adalah 76,9021. Dan nilai mediannya adalah 77.

3. Kesimpulan

Sebagian besar remaja siswa-siswi SMU Negeri 3 Bogor memiliki persepsi positif terhadap pubertas.

B.  Telaah Journal

1. Fokus Utama Penelitian

Memasuki era informasi, teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang cenderung akan mempengaruhi segenap kehidupan manusia.

Internet adalah media komunikasi yang memiliki karakteristik interaktif yang membuat penggunanya mengalami komunikasi tatap muka sebagaimana di dunia nyata walaupun hal tersebut hanya terjadi di dunia maya.

Houghton mencatat pengguna internet di seluruh dunia sekitar 3 juta orang pada tahun 1994, melonjak menjadi sekita 60 juta orang pada tahun 1996, dan 100 juta orang pada tahun 1998. Dan sekarang pengguna internet telah mencapai 1.093.430.359 orang.

Masa remaja merupakan tahap dengan emosi yang labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya termasuk juga informasi-informasi yang didapat melalui media baik cetak maupun elektronik. Internet merupakan media yang sangat potensial yang tidak hanya untuk menyampaikan informasi tetapi juga mempengaruhi persepsi dan tingkah lau baik positif maupun negatif.

C. Elemen yang mempengaruhi tingkat kepercayaan suatu penelitian

1. Gaya Penulisan

Sistematika penulisan telah tersusun dengan baik dan jelas mulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (konteks, tujuan penelitian, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan, dan kata kunci), pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan.

Tata bahasa yang dipergunakan dalam penulisan jurnal ini cukup mudah dipahami sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan dan apa hasil yang diperoleh.

2. Penulis

Penulis dalam penelitian ini berasal dari mahasiswa keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta : Mei Helita Yahwan

3. Judul

Gambaran Pengaruh Internet Terhadap Persepsi Remaja Tentang Pubertas Di Smu Negeri 3 Bogor.

Judul Penelitian cukup jelas, akurat, tidak ambigu, dan menggambarkan apa yang akan diteliti.

Namun kekurangannya : belum memenuhi prinsip 5 W 1 H. Tidak dicantumkan tahun penelitian diadakan.

4. Abstrak

Kelebihan :

Abstrak mampu menggambarkan secara jelas mengenai masalah penelitian, tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang didapatkan. Memenuhi IMRAD (Introduction, Metode, Result, Analize, Discussion) .Mencantumkan kata kunci.

Kekurangan : Jumlah kata dalam abstrak melebihi 250 kata.

D. Elemen yang mempengaruhi kekuatan suatu penelitian

1. Tujuan/Masalah Penelitian

Mengetahui gambaran pengaruh internet terhadap persepsi remaja tentang pubertas.

2. Konsistensi Logis

Laporan penelitian telah mengikuti langkah-langkah yang seharusnya yaitu:dimulai dari judul penelitian, nama penulis, abstrak (latar belakang, pengaturan dan desain, bahan dan metode, analisis statistik, hasil, kesimpulan, dan kata kunci), pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan.

3. Literatur review

Penulisan journal menggunakan analitis kritis berdasarkan literatur yang ada dengan membandingkan temuan-temuan pada penelitian sebelumnya dengan hasi yang didapatkan penulis.

Contoh :

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan Spire Research & Consulting yang bekerja sama dengan majalah Marketing untuk melihat perilaku,tren, dan kesukaan anak remaaj terhadap mereka dalam berbagai jenis kategori, yang meliputi makanan dan minuman, fashion, telekomunikasi, media, dan lainnya yang dilakukan di lima kota besar (Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar) dengan melibatkan 1000 responden yang berumur 13-18 tahun atau masih duduk di bangku SMP dan SMA menunjukan bahwa para remaja sudah mnegerti dan menggunkan internet dalam kegiatan sehari-hari.

Saat ini tingkat pengethauan remaja masih rendah, hal ini ditunjukan dengan bukti bahwa hanya sekitar 50% remaja mengetahui apa arti pubertas (Hasil survey UNPAD 1999 dalam Suryono, 2001).

4. Theoritical kerangka

Kerangka konseptual maupun kerangka teori digambarkan secara jelas dalam jurnal penelitian tersebut, bagian pembahasan, tinjauan pustaka mengenai pajanan internet terhadap persepsi remaja tentang pubertas.

5. Tujuan/sasaran/pertanyaan penelitian/hipotesis

Tujuan dan sasaran penelitian terdapat dalam pendahuluan jurnal tersebut.

6. Sampel

Sampel pada penelitian ini adalah siswa perempuan  dan laki-laki kelas XI SMU Negeri 3 Bogor.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dimana peneliti tidak memberikan kesempatan yang sama bagi anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Peneliti mempunyai beberapa kriteria inklusi dan kriteria eksklusi.

Besarnya sampel menggunakan rumus yaitu dengan jumlah n= 286

7. Pertimbangan Ethical

Penelitian ini bersifat sukarela dan responden berhak mengundurkan diri dari proses penelitian ini bila dikehendaki. Sebelum responden mengisi kuesioner, peneliti akan menjelaskan tujuan, manfaat serta menjamin kerahasiaan identitas responden dan hasil kuesioner.

8. Definisi Operasional

Definisi operasional dijelaskan dengan jelas pada penelitian tersebut.

9. Metodologi

Penelitian menggunakan desain penelitian diskriptif dengan metode pendekatan cross sectional.

Teknik pengumpulan data dilakukan dalam satu waktu dengan memberikan kuesioner kepada responden. Pertanyaan kuesioner disusun menggunakan metode skala likert dengan tujuan untuk memudahkan responden untuk menjawab kuesioner.

Pengujian validitas dan reliabelitas dijelaskan di penelitian itu. Uji validitas dan reliabelitas yang digunakan dalam penelitian ini dengan SPPS versi 13.0.

10. Data Analisis dan Hasil

Data kuesioner dikumpulkan dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Analisis data menggunakan metode distribusi frekuensi, dengan univariat untuk presentase atau proporsi dengan memperhatikan perhitungan mean, median, dan modus (nilai yang paling sering muncul).

Penjelasan diagram disertai dengan narasi yang jelas mengenai isi tabel.

Pengaruh internet terhadap persepsi remaja  tentang pubertas terbagi menjadi dua, yaitu persepsi negative dan positive. Persepsi positif dimana pemahaman atau pemberian makna atas informasi pubertas yang benar bahwa pada pubertas terjadi perubahan fisik, psikis, dan fungsi seksual dan dilihat dari jawaban responden sama atau lebih dari median. Sedangkan persepsi negative adalah pemahaman ataupun pemberian makna yang salah atas informasi pubertas dilihat dari jawaban responden kurang dari median.

Dari data terlihat sebanyak 6 orang responden (2,1 %) memiliki persepsi negative tentang pubertas dan sebanyak 280 responden (97,9 %) memiliki persepsi positif.

11. Pembahasan temuan hasil penelitian

Kelebihan :

Bagian pembahasan mengacu kepada beberapa kriteria Hills :

a. Kekuatan asosiasi

Keingintahuan remaja akan pubertas mendorong mereka untuk berusaha untuk mendpatkan informasi dengan mencari alternatif sumber informasi baik it media cetak atau elektronik.

b. Konsistensi

Replikasi dari temuan peneliti sebelumnya memperlihatkan hasil bahwa remaja masih menganggap bahwa perempuan tidak akan hamil hanya sekali melakukan hubungan seks. Kesalahan persepsi ini sebagian besar diyakini oleh remaja laki-laki (49,7%) dibandingkan pada remaja putri (42,3 %).

c. Hubungan temporal

Keberadaan faktor kausa yang mendahului terjadinya penyakit atau akibat. Tidak bisa diketahui keberadaan faktor kausanya sebab disini yang diteliti adalah gambaran pengaruh internet terhadap persepsi remaja tentang pubertas bukan membahas faktor kausa yang mendahului terjadinya penyakit atau akibat.

d. Spesifitas

Penelitian ini menekankan tentang pentingnya arti persepsi remaja tentang perubahan-perubahan fisik pada usianya terhadap proses kehidupan dan perkembangannya sebagai proses perkembangan pada tahap-tahap selanjutnya.

e. Efek dosis respon

Tidak  ada efek dosis respon sebab penelitian ini bukan eksperimen sehingga tidak ada intervensi. Penelitian ini lebih gambaran pengaruh internet terhadap persepsi remaja tentang pubertas

f.  Plausability

Pada penelitian ini, unsur kausalitas dalam hal biological plausibility terpenuhi sebab masa remaja merupakan tahap dengan emosi yang labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya termasuk juga informasi-informasi yang didapat melalui media baik cetak maupun elektronik. Internet merupakan media yang sangat potensial yang tidak hanya untuk menyampaikan informasi tetapi juga mempengaruhi persepsi dan tingkah laku baik positif maupun negatif.

g. Koherensi/Kesesuaian

Pada penelitian ini, unsur  coherence/ kesesuaian  terpenuhi dalam hal pemilihan subjek dimana dalam latar belakang penelitian ini telah di sebutkan bahwa masa remaja yang identik dengan masa pubertas dimana pada masa telah terjadi kematangan organ reproduksi sehingga terjadi perubahan fisik dan emosi. Perubahan-perubahan itu dapat menyebabkan respon positif dan negatif yang kemudian akan mempengaruhi proses berhubungan dengan masyarakat.

h. Bukti Eksperimen

Penelitian ini bukan merupakan experimental.

i. Analogi

Pada penelitian ini, unsur kausalitas dalam hal analogi terpenuhi sebab dalam beberapa penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa kurangnya pengetahuan remaja tentang pubertas mendorong rasa keingintahuan mereka untuk mendapatkan informasi. Informasi-informasi itu mereka dapat melalui media baik cetak maupun elektronik. Internet merupakan media yang sangat potensial yang tidak hanya untuk menyampaikan informasi tetapi juga mempengaruhi persepsi dan tingkah laku baik positif maupun negatif.

Pembahasan hasil temuan dikaitkan kembali dengan berbagai hasil temuan sebelumnya dari tinjauan pustaka yang diambil, baik yang hasil temuannya berkorelasi dengan hasil yang didapatkan maupun yang tidak.

Kelebihan :

Kekuatan dan keterbatasan penelitian termasuk generalisasi sudah dijelaskan dalam jurnal tersebut.

Jurnal ini juga berusaha memberikan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

12. Referensi :

Literatur yang digunakan sekitar 50 % menggunakan literatur terbaru yang berasal dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya.

13. Kesimpulan dan Saran

Kelebihan :

  1. Isi kesimpulan peneliti merupakan jawaban dari tujuan penelitian.
  2. Kesimpulan ringkas, jelas dan padat.
  3. Peneliti memberikan rekomendasi kepada instansi terkait yang berhubungan dengan penelitiannya.
  4. Jurnal mencantumkan saran yang merupakan harapan peneliti

Sebagai penutup, meskipun ditemukan berbagai kekurangan dan kelebihan dalam penelitian tersebut, namun penelitian tersebut telah memberikan kontribusi positif pada kemajuan dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan khususnya pada pengembangan karya ilmiah.

(Pubertas, 2008)

http://www.library.upnvj.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2699

Untuk mendapatkan file tersebut dalam bentuk pdf silahkan klik CRITICAL JOURNAL 1

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s